diposkan pada : 17-10-2023 21:21:01

KEUTAMAAN IBADAH UMRAH

 

Umrah secara bahasa memiliki arti berkunjung atau berziarah.  Dalam istilah ilmu Fiqih, Umrah merupakan serangkaian ibadah yang dijalankan di tanah suci dengan waktu yang tak ditentukan. Umrah disebut juga Haji Kecil. Hal ini sebagaimana tertuang dalam sebuah riwayat Abdullah bin Abu Bakr, bahwa Nabi Muhammad SAW pernah menulis sebuah surat kepada 'Amr bin Hazm. Di mana, pada lembaran itu tertulis, Annal 'umrata hiya al-hajjul ashgharu yang artinya "ibadah umrah sejatinya adalah haji kecil," (al-Umm, juz 2, hal. 145).

Pelaksanaan Umrah ini didasarkan pada firman Allah SWT dalam surat Al-Baqarah ayat 196 yang artinya: " Dan sempurnakanlah ibadah haji dan umrah karena Allah...`. 

Mengenai Hukum Umrah, ada beberapa perbedaan pendapat. 

- Menurut Imam Syafi`i hukumnya wajib. 
- Menurut Mazhab Maliki dan Mazhab Hanafi hukumnya sunah mu`akkad (sunah yang diutamakan).

 

Beberapa KEUTAMAAN IBADAH UMRAH, diantaranya adalah :

 1. Menghapus Dosa. 
 Dari Abu Hurairah Radhiyallahu Anhu berkata: “Rasulullah SAW bersabda: Dari satu umrah ke umrah yang lainnya menjadi penghapus dosa diantara keduanya. Dan haji yang mabrur tidak ada balasan baginya kecuali surga. (HR. Bukhari dan Muslim). 

2. Dikabulkannya Doa
 _Hal ini berdasarkan sabda Rasulullah SAW yang tertera dalam kitab hadits :  Jamaah haji dan umrah adalah tamu Allah. Allah memanggil mereka lalu mereka pun menyambut panggilan-Nya; jika mereka meminta ampun kepada-Nya maka Dia pun mengampuninya.” (HR. Ibnu Majah).

3. Umrah Pada Bulan Ramadhan Berpahala Haji
Hal ini disebutkan oleh Imam An-Nawawi dalam kitab al Majmu Syarh Al-Muhadzdzab dalam sebuah hadits shahih sebagai berikut :  “Dari sahabat Ibnu Abbas Radhiyallahu Anhuma, Sesungguhnya Nabi SAW bersabda: Umroh pada bulan Ramadhan pahalanya setara dengan haji atau setara dengan haji bersamaku.” (HR Bukhari & Muslim) 
 

Demikian beberapa  KEUTAMAAN IBADAH UMRAH yang bisa menjadi motivasi bagi kita untuk melaksanakannya.

 

Semoga bermanfaat...

 

Umrah Akhir Tahun 2023 Plus Turki

Posting by Admin

Umrah Akhir Tahun 2023 Plus Turki

Bergabunglah dalam perjalanan akhir tahun yang berbeda! Umrah 2023 adalah cara sempurna untuk mengakhiri tahun dengan penuh rasa syukur."   Libur akhir tahun akan segera tiba, inilah waktu yang tepat untuk melaksanakan ibadah umroh sambil mengunjungi tempat-tempat bersejarah di kota Madinah dan juga di Mekkah. Pada saat Anda menunaikan



904 Kali