diposkan pada : 17-10-2023 21:52:16

Meraih Pahala Shalat di Masjidil Haram

Masjidil Haram di Kota Makkah adalah salah satu masjid yang paling utama dalam Islam. Hal ini terbukti dari sejumlah hadist yang menyebutkan keutamaan dan pahala dari menunaikan salat di Masjidil Haram tersebut.

Bukan hal yang mengherankan, sebab menurut Quraish Shihab dalam buku 1001 Soal Keislaman, di dalam Masjidil Haram terdapat Baitullah atau rumah Allah SWT. Sementara di tempat lain atau masjid lainnya tidak ada yang memiliki keadaan serupa. Untuk itu, Quraish Shihab menjelaskan, orang yang menunaikan salat di Masjidil Haram dijanjikan ganjaran yang berganda. Bahkan, pahala tersebut bisa lebih besar bagi orang yang sengaja datang jauh-jauh ke sana untuk menunaikan salat. "Bisa jadi seorang yang bermukim di Indonesia mendapat ganjaran lebih banyak daripada mereka yang bermukim di Makkah atau Madinah (penduduk setempat) karena langkah yang ditempuh muslim Indonesia ke tempat tersebut jauh lebih banyak," tulis keterangan Quraish Shihab. 

Pahala Shalat di Masjidil Haram

Dikisahkan oleh Jabir RA. Ia pernah mendengar bahwa Rasulullah SAW yang diabadikan salah satu hadits shahih dalam Shahih Sunan Ibni Majah.

صَلاَةٌ فِى مَسْجِدِى أَفْضَلُ مِنْ أَلْفِ صَلاَةٍ فِيمَا سِوَاهُ إِلاَّ الْمَسْجِدَ الْحَرَامَ وَصَلاَةٌ فِى الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ أَفْضَلُ مِنْ مِائَةِ أَلْفِ صَلاَةٍ فِيمَا سِوَاهُ

 Artinya : "Shalat di masjidku ini lebih utama daripada 1000 shalat di masjid lainnya, kecuali di Masjidil Haram. Dan shalat di Masjidil Haram lebih utama daripada 100.000 shalat di masjid lainnya," (HR Ibnu Majah dan Ahmad) 

Apakah mencakup Wilayah Sekitar Masjidil Haram? 

Imam Jalaluddin As Suyuti menjelaskan, pelipatgandaan pahala yang disebut dalam hadits Rasulullah SAW tidak hanya dikhususkan untuk Masjidil Haram. Sebaliknya, hal itu juga mencakup semua Tanah Haram. Pendapat ini juga selaras dengan pendapat secara masyhur dari sebagian golongan Mazhab Hanafi, Maliki, dan Syafi'i dalam Kitab Al Mausu'ah al Fiqhiyyah al Kuwaitiyyah.

Sementara untuk pengamalan shalat yang dimaksud, ada perbedaan pendapat di kalangan imam besar mazhab. Mazhab Syafi'i dan Hambali berpendapat berlaku untuk shalat fardhu dan sunnah, sementara Mazhab Hanafi dan Maliki menyatakan pelipatgandaan tersebut terbatas hanya pada shalat fardhu.

" Bukan hanya shalat yang dilakukan di Tanah Haram (Makkah), tetapi semua kebaikan dan ketaatan. Misalnya, sedekah, puasa, dan sebagainya," demikian keterangannya yang diterjemahkan KH. Khoirul Muaddib, S.Ag., M.M dan KH. Agus Fahmi dalam buku Panduan Praktis Manasik Haji dan Umroh.


 Semoga bermanfaat

 

 

Umrah Februari 2024

Posting by Admin

Umrah Februari 2024

Khazzanah Tours and Travel adalah mitra terpercaya dalam perjalanan Umrah Anda, menyediakan layanan terbaik dalam mengatur perjalanan spiritual ke tanah suci, dengan komitmen pada pelayanan dan kenyamanan jamaah. Dengan pengalaman bertahun-tahun, Khazzanah Tours and Travel adalah pilihan terbaik untuk para jamaah yang mencari pengaturan perjalanan Umrah yang terperinci, termas



1995 Kali